Skincare Untuk Pori Pori Tersumbat

Skincare Untuk Pori Pori Tersumbat

Pori – pori adalah lubang kecil di kulit yang memungkinkan minyak mencapai lapisan atas kulit. Terkadang pori – pori ini tersumbat oleh minyak dan sel-sel mati yang ditumpahkan kulit setiap hari. Melalui perawatan kulit yang tepat, seseorang dapat membuka pori-pori yang tersumbat.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips menggunakan Skincare Untuk Pori Pori Tersumbat.

Waktu yang tersumbat mungkin terlihat lebih besar dari biasanya atau tampak tidak rata. Terkadang, pori – pori yang tersumbat bisa memicu timbulnya jerawat, apalagi jika terjadi peradangan. Artikel berikut ini akan membahas tentang skincare untuk pori pori tersumbat, yuk simak ulasannya.

Skincare untuk Pori Pori Tersumbat

Meskipun tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius, pori-pori tersumbat dan jerawat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, jaringan parut, dan stres emosional pada beberapa orang. Menggunakan produk non-komedogenik dapat mengurangi munculnya pori-pori yang tersumbat.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang di rumah untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Dokter merekomendasikan pendekatan perawatan kulit berikut untuk membantu membuka atau mengecilkan pori-pori :

1.     Gunakan produk non-komedogenik.

Non-comedogenic berarti produk tidak akan menyumbat pori-pori. Orang mungkin mencari produk riasan, perawatan kulit, dan pelindung matahari yang dijelaskan pada label sebagai produk non-komedogenik atau bebas minyak.

2.     Hindari goresan dan kerusakan lainnya.

Seringkali ada keinginan untuk menggaruk, memencet jerawat, atau sekedar menggosok pori-pori yang tersumbat. Itu tidak akan memperbaiki masalah kulit. Bahkan, itu bisa memperburuknya.

3.     Pembersihan lembut.

Menggunakan pembersih lembut dengan pH seimbang dua kali sehari dengan air hangat (tetapi tidak panas) adalah cara yang tidak menyebabkan iritasi untuk menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati dari kulit Anda. Disarankan agar Anda mencuci muka dengan hati-hati, karena pembersihan intensif dapat menyebabkan kemerahan.

4.     Pengelupasan.

Pengelupasan melibatkan pengangkatan sel-sel mati dari permukaan kulit. Ini akan membantu mengurangi tekstur pori-pori yang tersumbat dan membuka blokirnya. Ada dua jenis pengelupasan kulit pengelupasan mekanis, yang melibatkan pengangkatan kulit mati secara fisik dengan kain atau sikat dan pengelupasan kimiawi, di mana seseorang menggunakan produk asam yang aman untuk melarutkan kotoran.

Berikut ini beberapa skincare untuk membantu penyembuhan pori pori tersumbat yang bisa Anda gunakan, di antaranya :

5.     Asam salisilat

Asam salisilat adalah exfoliator kimia populer yang membantu membuka pori-pori. Hal ini juga berguna untuk mengobati jerawat, hiperpigmentasi, dan kondisi kulit umum lainnya. Disarankan untuk menggunakan tabir surya bersama dengan exfoliator kimia, karena produk ini membuat kulit lebih sensitif terhadap radiasi UV.

6.     Retinol

Orang dengan kulit berminyak atau menua dengan pori-pori besar mungkin mendapati bahwa kulit mereka menjadi kurang elastis, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Meningkatkan elastisitas kulit dapat membantu mengurangi pori-pori tersumbat.

Retinol adalah bahan perawatan kulit yang direkomendasikan oleh dokter kulit untuk orang dengan kulit dewasa, berminyak, atau berjerawat. Disarankan agar Anda memulai dengan produk dengan konsentrasi bahan ini lebih rendah dan menggunakannya sebelum tidur, karena retinol terkadang dapat menyebabkan iritasi. Retinol tidak boleh digunakan oleh wanita hamil dan menyusui.

Beberapa orang juga menggunakan masker wajah arang dan strip pori untuk melawan pori-pori yang tersumbat, tetapi tidak ada bukti bahwa metode ini berhasil. Ketika metode perawatan kulit di rumah tidak berhasil, dokter kulit dapat membantu.

Tips Menghindari Komedo dan Jerawat

Perawatan kulit yang tidak tepat dapat menyebabkan hal yang paling tidak menyenangkan seperti pori-pori tersumbat dan akibatnya jerawat dan komedo akan muncul. Untuk mencegahnya menjadi kenyataan, baca tips kami tentang kesalahan apa yang harus dihindari agar kulit Anda selalu bersih dan sempurna.

1.     Krim dengan komposisi yang salah

Paling sering, ini disebabkan oleh krim bergizi, yang di satu sisi sangat penting bagi kulit kita untuk memenuhinya dengan vitamin, dan di sisi lain mereka sering bersifat komedogenik. Perhatikan baik-baik kemasan krim Anda jika komposisinya mengandung Acetylated lanolin alcohol dan Butyl stearate, kemungkinan besar komponen tersebut akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

2.     Minyak alami

Kami telah berbicara lebih dari sekali tentang manfaat minyak alami , tetapi Anda tidak boleh terlalu terbawa olehnya. Beberapa minyak dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Ini adalah minyak zaitun dan almond, serta mentega kakao. Yang terbaik adalah menggunakan semua campuran kosmetik yang sama.

3.     Pembersihan yang tidak memadai

Cukup membilas riasan Anda dengan air dan busa atau gel seringkali tidak cukup. Sisa-sisa kosmetik tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi mereka dapat segera merangkak pada kulit dalam bentuk komedo, jerawat di wajah, pori-pori tersumbat.

4.     Krim nada

Pondasi warna yang padat mencegah kulit bernapas dan mengotori pori-pori. Ahli kecantikan mana pun akan memberi tahu Anda tentang hal ini. Jika Anda sudah memiliki jerawat di kulit Anda, jangan coba-coba menutupinya dengan alas bedak Anda hanya akan memperburuk situasi. Jika Anda tidak dapat melakukannya tanpa produk masker, maka gunakan serum tonal modern mereka jauh lebih setia pada pori-pori kita.

5.     Nutrisi yang tidak tepat

Nutrisi yang tidak tepat tidak hanya membahayakan sosok Anda, tetapi juga kulit Anda. Peningkatan kerja kelenjar sebaceous memicu makanan pedas dan berlemak, permen dan kesenangan lainnya. Apa yang harus dilakukan? Tentu saja, membatasi diri Anda dalam segala hal adalah usaha yang pasti akan gagal sebelumnya.

Tetapi jika Anda memimpikan kulit yang bersih, makan lebih banyak sayuran, minum banyak air putih, dan cobalah untuk meninggalkan makanan yang sama sekali tidak sehat seperti kentang goreng dan daging babi.

6.     Kekurangan seng dalam tubuh

Penyebab komedo lain yang cukup umum adalah kekurangan seng dalam tubuh. Elemen ini sangat penting untuk kecantikan tidak hanya kulit, tetapi juga rambut dan kuku. Ini mengatur keseimbangan hormon, efisiensi sistem kekebalan dan kecepatan normal pembelahan sel. Kekurangan seng juga menyebabkan tidak berfungsinya kelenjar sebaceous.

7.     Kekurangan vitamin B5

Alasan internal lain mengapa ruam kulit dan pori-pori tersumbat bisa muncul adalah kekurangan vitamin B5. Di paragraf terakhir, kami telah menjelaskan bagaimana masalah ini diselesaikan Anda tahu apa yang harus dilakukan.

8.     Membersihkan terlalu banyak

Pengelupasan dan scrubbing yang sering dapat menyebabkan kelenjar sebaceous untuk berpikir bahwa kulit terlalu kering dan mulai bekerja dengan sepenuh hati. Mereka umumnya rekan yang sangat pekerja keras. Untuk menipu kelenjar sebaceous, kulit sebaliknya perlu lebih dilembabkan dan gunakan scrub tidak lebih dari 1-2 kali seminggu.

Berbicara dalam hal yang sama berlaku untuk lotion pengeringan yang mengandung asam salisilat, seringkali membersihkan kulit, mereka dapat memiliki efek sebaliknya. Itulah ulasan mengenai skincare untuk pori pori tersumbat, sekian dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *